Number of visitors

Followers

Sabtu, 29 November 2008

Tetralogi Laskar Pelangi #3: Edensor

Posted by Crew Benih 26 March, 2008

Hidup ini bagaikan rel kereta api dalam ekperimen relativitas Einstein, pengalaman demi pengalaman yang menggempur kita dari waktu ke watu adalah cahaya yang melesat-lesat di dadalam gerbong, diatas kereta api itu.

Dari sini saya ingin segera melahap untuk mencari tahu kisah apa yang akan disajikan Andrea dalam Bukunya yang ketiga dari tetralogi “Laskar Pelangi” dengan judul EDENSOR ini. Edensor adalah nama sebuah tempat, desa hayalan dalam novel kenangan yang diberikan A Ling kepada Ikal. A Ling adalah cinta pertama Ikal. Di dalam buku ini lebih lanjut Ikal akan menceritakan petualangannya di negeri orang, dan pencariannya akan A Ling, cinta pertamanya.

Jalan-jalan desa menanjak berliku-liku dihiasi deretan pohon oak, berselang-seling diantara jejarak anggur yang ditelantarkan. Lebah madu berdengung-dengung mengerubuti petunia. Daffodil dan astuaria tumbuh sepanjang pagar peternakan, berdesakan di celah-celah bangku batu.
Di belakang rumah penduduk tumpah ruah dedaunan berwarna oranye, mendayu-dayu karena belaian angin. Lalu terbentang luas padang rumput, permukaannya ditebari awan-awan kapas.Novel ketiga dari tetralogi Laskar Pelangi ini bercerita tentang petualangan Ikal dan Arai di Eropa. Setelah berhasil memperoleh beasiswa ke Prancis, Ikal dan Arai, mengalami banyak kejadian yang orang biasa sebut sebagai kejutan budaya. Banyak kebiasaan dan peradaban Eropa yang berlainan sama sekali dengan peradaban yang selama ini mereka pahami sebagai orang Indonesia, khususnya Melayu.

Di dalam buku ini juga Ikal dan Arai kembali menuai karma akibat kenakalan-kenalan yang pernah mereka lakukan semasa kecil dan remaja dulu. Pembaca akan dibawa ke dalam petualangan mereka menyusuri Eropa dengan berbagai pengalaman yang mencengangkan, mencekam, membuat terbahak, sekaligus berurai air mata.

Aku ingin mendaki puncak tantangan, menerjang batu granit kesulitan, menggoda mara bahaya, dan memecahkan misteri dengan sains. Aku ingin menghirup berupa-rupa pengalaman lalu terjun bebas menyelami labirin lika-liku hidup yang ujungnya tak dapat disangka. Aku mendamba kehidupan dengan kemungkinan-kemungkinan yang bereaksi satu sama lain seperti benturan molekul uranium: meletup tak terduga-duga, menyerap, mengikat, mengganda, berkembang, terurai, dan berpencar ke arah yang mengejutkan. Aku ingin ke tempat-tempat yang jauh, menjumpai beragam bahasa dan orang-orang asing. Aku ingin berkelana, menemukan arahku dengan membaca bintang gemintang. Aku ingin mengarungi padang dan gurun-gurun, ingin melepuh terbakar matahari, limbung dihantam angin, dan menciut dicengkeram dingin. Aku ingin kehidupan yang menggetarkan, penuh dengan penaklukan. Aku ingin hidup! Ingin merasakan sari pati hidup!

Judul Tetralogi Laskar Pelangi #3: Edensor
No. ISBN 978-979-1227-02-5
Penulis Andrea Hirata
Penerbit Bentang Pustaka
Tanggal terbit Mei - 2007
Jumlah Halaman 288
Berat Buku -
Jenis Cover Soft Cover
Dimensi(L x P) 130×205mm
Kategori Petualangan
Bonus -
Text Bahasa Indonesia

Populer : 8% [?]

1 komentar:

Ada uneg - uneg? ngapain di simpen, silahkan katakan saja! tapi, NO SPAM!!