Number of visitors

Followers

Selasa, 05 Mei 2009

5 Tips & Trik Menggunakan GOOGLE

Untuk mencari informasi di internet mungkin sobat sama deperti saya menggunakan Google search. Tapi, bisa jadi, Selma ini kita hanya mengunakan Google dengan format pencarian yang sederhana yaitu menulis beberapa kata yang kita ingin kan. Tapi, biasanya malah nyelonong gak ada arah tujuan. Dan bahkan juga, gak ketemu.
Nah di sini ada trip – trik yang bagus buat kalian.


1. Ungkapkan secara Ekspilist dengan tanda petik.
Misalnya kita ingin mencarai Lomba membuat cerpen. Anda harus beri tanda petik, seperti ini “Lomba mmebuat cerpen” di box Google Search.
2. Sertakan tipe dokumennya
Jika kita ingin mencari pencarian dengan tipe tertentu kita dapat menggunakan tambahan keterangan “Filetype” misalnya kita mencari dokument Power point maka ketik ”cerpen Islami” Filetype:ppt. Google mendukung type dengan Format antara lain: Adobe Portable Document Format (pdf),Microsoft Power Point (ppt), Microsoft Excel (xls), Microsoft word (doc), Text (ans,txt)
3. Mendefinisikan Kata
Bila sobat ingin mendapatkan Definisi daris ebuh kata atau istilah. Maka kita dapat mengetik dengan perintah define, dan akan keluar dasil pendefisinian kata tersebut dari berbegai sumber. Contoh : define:novel
4. Film dan Musik
Untuk mencari Film dan Musik kita dapat menggunakan perintah : ”movie: ” dan ”music: ”. Contohnya ”movie : Laskar Pelangi”
5. Bila lupa kata kunci, gunakan bintang (*)
Jika kita ingin mencari lirik sebuah lagu conthnya: ” leaving on a*” maka akan di dapat daftar pencarian yang benar

Nah! Cuman segitu aja yang bisa di sampaikan. Sebenarnya masih banyak! Tapi, udah capek nich! Moga aja ini berguna bagi kalian semua.




NB : Terimaksih majalah annida dan kak syrif hidayatullah yang telah memberikan info ini. Sehingga saya bisa menyampaikan pada teman – teman saya


Sumber : majalah ANNIDA no 12 / XVII
Agustus 2008

0 komentar:

Posting Komentar

Ada uneg - uneg? ngapain di simpen, silahkan katakan saja! tapi, NO SPAM!!